5 Judul Anime yang Memotivasi Pengembangan Diri

Post On: April 16, 2017
By: Risaru
In: Umum

Dewasa ini atau lebih tepatnya sekitar 10 tahun terakhir ini, pemroduksian anime di Negeri Sakura sedang meningkat sangat pesat. Sifat dari ceritanya pun sudah tidak seperti cerita anak-anak yang endingnya mudah ditebak dan tokoh utamanya bersifat sangat normatif layaknya anime tahun 90-an. Oleh karena itu, jika kita cerdas dalam menonton anime, –khususnya anime zaman sekarang– banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tulisan ini menspesifikkan hikmah dan pelajaran berupa motivasi pengembangan diri yang terdapat dalam 5 judul anime, diantaranya:

         
          1. Sakurasou no Pet na Kanojo
IMG-20150716-WA0008

          Sekilas anime ini becerita tentang sekelompok orang “aneh” (berbakat dan bermasalah) –Misalnya, memiliki kelebihan tertentu, bermasalah di asrama reguler, dll– yang dikumpulkan di suatu asrama  yang disebut Sakurasou. Sakurasou sendiri bukanlah asrama reguler, melainkan asrama khusus yang dipakai oleh pihak sekolahnya untuk mengasingkan orang-orang “aneh” dari asrama reguler.

          Dalam anime ini, masing-masing tokoh memiliki cita-cita yang mereka kejar dengan motivasi yang berbeda-beda pula. Mereka mengejar cita-citanya dengan sangat sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah. Berbagai usaha dan taktik positif yang diwarnai beberapa konflik sangat menginspirasi penonton –khususnya pelajar– untuk tidak puas dengan bakat yang telah dimilikinya, berani mencoba hal baru (keluar dari “zona nyaman”), pantang menyerah, dan semangat dalam menempuh pendidikan

Cocok untuk kamu yang merasa sedang malas bersekolah, berkarir, dan berusaha mengejar cita-cita

           2. Ao no Kanata no Four Rhythm

Aokana

          Sekilas anime ini bercerita tentang suatu olahraga yang disebut flying circus, yaitu olahraga udara menggunakan sepatu terbang (menarik kan? Coba ditonton deh!).

          Dalam anime ini, layaknya yang dirasakan oleh atlet dalam bidang olahraga lain pada umumnya, tokoh-tokoh utamanya sadar akan kelemahan dirinya dalam flying circus. Hal ini terjadi setelah mereka melihat aksi dari beberapa orang yang jauh lebih hebat dari dirinya. Meskipun sempat putus asa, mereka akhirnya bangkit kembali dan pemeran utamanya pun berhasil menjuarai kompetisi.

Cocok untuk kamu yang sedang merasa bahwa dirimu lemah secara berlebihan, khususnya dalam olahraga tertentu.

          3. Love Live! School Idol Project

love live

          Sekilas anime ini bercerita tentang seseorang yang terobsesi menjadi idol (Mirip girlband seperti JKT48).

          “Loh, kok bisa anime tentang idol memotivasi pengembangan diri?” Mungkin terbesit hal seperti itu dari pembaca (Bener kan? Haha). Tentu saja bisa! Terlepas dari “ke­-girlband­-an” anime ini, semangat dari pemeran utamanya sangat memotivasi kita untuk terus berusaha meraih kesuksesan. Hal tersebut terbukti pada anime ini setelah Si Pemeran Utama berhasil merekrut anggota hingga club mereka menjadi beranggotakan 9 orang dan menjuarai kompetisi  yang disebut Love Live!. Bahkan setelah menjuarai Love Live!, club mereka dikenang sebagai club idol legendaris.

Cocok untuk kamu yang sedang merasa bahwa impianmu bersifat mustahil

          4. Dungeon ni Deai wo Motomeru no wa Machigatteiru Darou ka (DanMachi)

danmachi

          Yang menarik dari anime ini adalah ceritanya mengambil seting seperti game, setiap tokoh memiliki level dan atribut status yang terus meningkat seiring dengan banyaknya pertempuran mereka dengan monster-monster. Selain itu, dewa-dewi dari mitologi nordik juga ikut mewarnai anime ini, sehingga membuat ceritanya sangat menarik serta merangsang imajinasi penonton.

          Yang dapat memotivasi perkembangan kita akibat dari anime ini adalah semangat dari pemeran utamanya. Dia jatuh cinta terhadap wanita yang pernah menyelamatkan hidupnya dan berlevel jauh lebih tinggi dari dirinya. Oleh karena itu, pemeran utama anime ini menjadikan wanita tersebut sebagai role model yang dia teladani serta sebagai saingan untuk dikejar. Pemeran utama anime ini pun berhasil menjadi lebih kuat yang terbukti ketika dia berhasil mengalahkan monster kuat (mungkin sekelas bos monster) sendirian.

Cocok untuk kamu yang merasa kehilangan panutan atau role model dalam hidup.

          5. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru (Oregairu)

oregairu

          Sekilas anime ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari dalam kehidupan sekolah. Menariknya, tokoh utama dari anime ini adalah orang-orang cerdas, namun ber-attitude­ –yang dalam pandangan masyarakat pada umumnya dianggap– buruk.

          Anime ini mengajarkan kita untuk menjadi diri sendiri, atau tepatnya mengeluarkan potensi maksimal yang ada dalam diri kita (tapi bukan berarti kita harus ber­-attitude buruk terlebih dahulu lho ya!). Selain itu, terlepas dari “kasarnya” perilaku mereka, dengan kecerdasan mereka, mereka mampu menyelesaikan konflik dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang terbilang cerdas, meskipun dengan dipandang buruk oleh orang lain sebagai bayarannya. Meskipun begitu, mereka tetap melakukannya tanpa ragu dan terus berjalan di jalan yang mereka anggap lurus dalam kehidupannya.

Cocok untuk kamu yang merasa kurang percaya diri ataupun merasa ada potensi dalam dirimu yang belum bisa terealisasikan

 

          Demikianlah 5 judul anime yang dapat memotivasi pengembangan diri. Jika kamu sedang merasa seperti kalimat-kalimat biru di atas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menonton anime-anime tersebut. Selain untuk mengisi waktu luang dan menambah daya kreatif dan imajinatif, bukankah pelajaran, hikmah, dan motivasi untuk menjalani kehidupan dapat datang dari mana saja?

Keterangan:

  • “Tokoh utama” adalah terjemahan dari main characters, yaitu tokoh-tokoh utama yang menjalankan cerita. Misalnya, pada judul anime Naruto, tokoh Naruto, Sasuke, Sakura adalah tokoh utama
  • “Pemeran utama” adalah seorang tokoh yang menjadi sentral dalam cerita. Misalnya, pada anime naruto, naruto adalah pemeran utama

Sumber : Pribadi

Tags: , ,